Pelanggaran Paling Banyak pada Hak Cipta

Silahkan isi forum ini untuk hal-hal yang tidak tergatagori dalam forum di atas

Pelanggaran Paling Banyak pada Hak Cipta

Postby RATIH on Fri Nov 28, 2008 8:31 pm

nama:ratih rustyaningsih
kls:X-4
No absen:23
Alamat URL:hukumham.info/index.php?option=com

Pelanggaran Paling Banyak pada Hak Cipta
Sumber : Suara Karya
JAKARTA: Pelanggaran hukum di bidang Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI), paling banyak berhubungan dengan hak cipta. Demikian diungkapkan oleh Wakil Ketua Pelaksana Tim Nasional Penanggulangan Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (Timnas HaKI) Mari Elka Pangestu, di Jakarta Selasa.

"Paling banyak pelanggaran di bidang hak cipta," kata Mari Elka Pangestu yang juga Menteri Perdagangan itu, di Kantor Departemen Hukum dan HAM dengan didampingi Dirjen Hak atas Kekayaan Intelektual (Dirjen HaKI), Andi Noorsaman Sommeng.

Dari sebanyak 705 kasus di bidang Hak atas Kekayaan Intelektual yang terjadi, sebanyak 598 kasus merupakan pelanggaran di bidang hak cipta. "Barang bukti yang ditemukan antara lain berupa Cakram Optik," katanya saat menjawab pertanyaan wartawan tentang ada berapa kasus pelanggaran HaKI pada tahun 2007. Ia menambahkan jumlah barang bukti yang ditemukan berupa Cakram Optik itu sebanyak 2,1 juta keping. "Film dan musik yang paling tinggi dibajak," katanya.

Meski tidak menyebutkan tentang nilai kerugiannya, namun Mari mengatakan bahwa akibat dari pembajakan hak cipta itu paling tidak akan membuat PPn, dan pajak penghasilan tidak masuk ke negara.

Mari Elka Pangestu dalam Timnas Penanggulangan Pelanggaran HaKI, duduk sebagai Wakil Ketua Tim, sedangkan Ketua Tim Pelaksananya adalah Menkum dan HAM Andi Mattalatta, sedangkan Sekretaris Timnya adalah Dirjen Hak Atas Kekayaan Intelektual Andi Noorsaman Sommeng.

"Tren daripada langkah penegakan hukum di bidang HaKI khususnya pemalsuan produk-produk hak cipta antara lain Video maupun VCD banyak mengalami peningkatan," kata Mari E Pangestu.

Mengenai data tentang penegakan hukum di bidang HAKI pada selama tahun 2007, Mari menjelaskan jumlah kasus sebanyak 705 kasus, dari jumlah itu yang sudah ditangani hingga sebanyak 346 kasus. "Kasus yang ditemukan dan telah diselesaikan sebanyak 49 persen," katanya. (Lcrman Sipayung/Ant)
RATIH
 
Posts: 54
---------

E-mail friend • Print view • A/a

Return to Umum

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests

cron