PERHIMPUNAN ERGONOMI INDONESIA

Silahkan isi forum ini untuk hal-hal yang tidak tergatagori dalam forum di atas

PERHIMPUNAN ERGONOMI INDONESIA

Postby TRIYAS SAIFUDIN on Thu Nov 27, 2008 8:19 pm

nama:triyas saifudin r
Kls:X-4
no absen:37
judul artikel:perhimpunan ERGONOMI INDONESIA
alam URL:www.iesnet.org/

PERHIMPUNAN ERGONOMI INDONESIA
Abad 21 dan tatanan global mendorong masyarakat industri untuk memperhatikan manusia --- baik secara fisik, mental-psikologis maupun segala perilakunya --- sebagai faktor penentu berbagai aspek kerja dan kehidupan secara lebih baik lagi. Sebagai sebuah disiplin keilmuan yang konsern dengan kerja manusia, aplikasi ergonomi di industri maupun kehidupan manusia diharapkan mampu mengungkit potensi daya saing global dengan memberikan rekayasa inovatif terhadap produk, mesin/peralatan/fasilitas produksi, serta lingkungan kerja yang lebih manusiawi. Pendekatan ergonomi yang bertujuan untuk merealisasikan konsep efektivitas, efisiensi, keamanan/keselamatan, kesehatan dan kenyamanan kerja sesungguhnya merupakan solusi yang relevan dan signifikan untuk merespons tantangan global dan tuntutan untuk meningkatkan produktivitas serta kualitas kehidupan kerja (Quality of Work Life). Keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara manusia dengan sistem kerjanya adalah perwujudan dan hasil akhir upaya penerapan ergonomi.
Ergonomi --- yang seringkali juga disebut sebagai Human Factors Engineering, Engineering Psychology, dan sebagainya --- sebagai sebuah disiplin keilmuan meletakkan manusia pada titik pusat perhatiannya dalam sebuah sistem kerja dimana manusia terlibat didalamnya. Disiplin ergonomi melihat manusia sebagai bagian mutlak dari sistem kerja tersebut secara holistik dan integratif. Oleh karena itu tidaklah mengherankan kalau pemahaman mengenai ergonomi mutlak untuk dipelajari oleh semua disiplin keilmuan mulai dari kedokteran, psikologi, teknik/teknologi, sosial-ekonomi, dan sebagainya. Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) yang merupakan wadah berkumpulnya para pakar, pemakai, peminat dan pemerhati ergonomi dan bertujuan untuk mengembangkan, menerapkan serta mensosialisasikan keilmuan ergonomi tentu saja akan menyambut gembira segala kegiatan dan partisipasi semua pihak yang bersedia memberikan kontribusi kepakarannya dalam bentuk penelitian, pendidikan, konsultasi maupun pendidikan/pelatihan bagi mereka yang memerlukan. Demikian pula evaluasi ergonomis yang diperoleh dari sebuah studi literatur, analisa teoritis-akademis, maupun yang diperoleh melalui studi penelitian dan pengalaman empiris yang kemudian dituliskan dalam bentuk makalah; disebar-luaskan melalui berbagai forum seminar/simposium serta media ilmiah seperti jurnal, buku teks/referensi sungguh merupakan upaya keras dan cerdas yang patut diberikan aplaus, apresiasi dan terus didorong. Hal ini jelas akan memperkaya kasanah literatur mengenai ergonomi yang diperlukan oleh banyak pihak mulai dari akademisi (dosen, mahasiswa), peneliti maupun praktisi.

Buku “Ergonomi untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja” yang ditulis oleh sejawat ergonomist Tarwaka, Solichul Hadi, dan Lilik Sudiajeng (ketiganya merupakan alumni Program Magister Ergonomi-Fisiologi Kerja Universitas Udayana dan anggota Perhimpunan Ergonomi Indonesia) telah membuktikan bahwa mereka betul-betul merupakan pakar, ilmuwan, akademisi, dan peneliti yang memilih untuk meneruskan tradisi keilmuan yaitu mempublikasikan (publish) semua nilai tambah yang telah mereka peroleh selama ini --- baik pada saat menempuh studi lanjut dan melakukan penelitian-penelitian khususnya di bidang keilmuan ergonomi --- bagi kemaslahatan yang lebih besar, daripada membiarkannya lenyap (perish) begitu saja tanpa bekas. Semoga penerbitan buku ini bisa memberi kontribusi nyata didalam pengembangan disiplin keilmuan ergonomi dan mendorong semangat sejawat yang lain agar mengikuti jejak para penulis untuk mengabdikan kepakarannya bagi kejayaan nusa, bangsa dan negara dalam menghadapi tantangan persaingan global. Semoga Allah SWT memberikan ridhoNya bagi niat dan upaya yang keras, cerdas dan mulia ini.
TRIYAS SAIFUDIN
 
Posts: 54
---------

E-mail friend • Print view • A/a

Return to Umum

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests

cron