Tugas Pak Yos

Silahkan isi forum ini untuk hal-hal yang tidak tergatagori dalam forum di atas

Tugas Pak Yos

Postby tedi dwi nur abidin on Tue Nov 25, 2008 4:37 pm

TUGAS TIK KELAS X
NAMA : TEDI DWI NUR AHBIDIN
KELAS : X-4
NO. ABSEN : 32


Etika & Moral dalam menggunakan TIK

Etika & moral harus mndapat perhatian yg utama dlm penggunaan TIK, terutama dalam perangkat lunak (dalam hal ini software komputer). Teknologi Informasi & Komunikasi berorientasi pd perangkat2nya, yaitu komputer (sbg hardware) & perkembangan software (sbg perangkat lunak). Software merupakan hasil dari pemikiran dan budidaya manusia. Di dalam teknologi informasi, perangkat lunak atau program komputer ini lebih dihargai drpd produk lainnya.
Jika kita bicara software, maka ada kaitannya dgn mslh hakikat & kekuatan hukum kepemilikan. Dlm menciptakan suatu kepemilikan, suatu hasil karya yg baru, maka perlu mendapat perlindungan hukum dari pembajakan maupun tindakan ilegal lainnya. Dalam hal ini ditekankan kepada masalah :

Hak Cipta
Merek Dagang
Paten
Desain Produk Industri
Indikasi Geografi
Layout Desain
Perlindungan informasi yg dirahasiakan

(sumber : Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA, ERLANGGA)


Yg mnjadi masalah di dunia TIK kita saat ini adalah pelanggaran hak cipta, dimana banyak sekali pembajakan software2. Kebiasaan seperti meng-copy secara ilegal sering dilakukan oleh para pengguna software baik individu, perusahaan, atau instansi tertentu. Saya sendiri gak memungkiri bahwa kebiasaan meng-copy ini jg sering saya pakai, lebih murah biayanya drpd harus beli software aslinya. Sekedar info saja, pada tahun 2003 kegiatan peng-copyan ilegal ini menempatkan Indonesia pada urutan keempat dunia stlh Vietnam, China, dan Ukraina sbgai negara dgn tingkat pembajakan tertinggi.

Jadi apa yg harus kita lakukan dalam menyikapi hal ini?

Tetap mengikuti peraturan Undang2 yg berlaku walaupun harus merogoh kocek yg mahal, atau kita tetap membiasakan kebiasaan menjiplak, membajak, meng-copy yg hnya perlu biaya murah.


Judul Artikel : ETIKA DAN MORAL DALAM MENGGUNAKAN TIK
Alamat :
tedi dwi nur abidin
 
Posts: 1
Joined: Tue Nov 25, 2008 2:36 pm

Re: Tugas Pak Yos

Postby agus on Thu May 31, 2012 2:52 am

emang bener sih indonesia banyak pembajaknya , Tapi sayang ya...bukan seperti china walau pembakajan jg tinggi tp untuk kemajuan bangsanya tetep dipertahankan kl di indonesia pembajakan hasilnya untuk perorangan supaya kenyang...eh coba kek walaupun mbajak tp utk kemajuan bangsa jd walaupun salah tp ada manfaatnya untk kebersamaan..eh betul kagak ya...
maaf..ini ***an opini dr rakyat kecil..makasih.

eh kalo ada temen mo download mp3,dengerin music on line apa ,video clip musik end semua gratis di yang paling baru ,bukan promo nih cmn iseng wae nek pengen..


Last bumped by Anonymous on Thu May 31, 2012 2:52 am.
agus
 
Posts: 54
---------


E-mail friend • Print view • A/a

Return to Umum

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests

cron